Sunday, June 1, 2008

windows server 2003 ngadat

Hari ini, pagi-pagi sudah mendapat telp dari Boss yang mengatakan kalau server windows server 2003 yang digunakan sebagai PDC aka Primary Domain Controller sekaligus sebagai mailserver kantor gak bisa diakses sehingga banyak client yang tidak bisa terhubung ke jaringan. Awalnya saya pikir ini adalah masalah classic, servernya ngadat (ngehang) dan standarnya seh cukup direstart saja.

Akan tetapi rupanya perkiraan saya salah, karena pada saat saya melihat langsung ke ruangan server ternyata servernya baik-baik saja, tidak menunjukan gejala ngehang. Sayapun mulai melakukan troubleshooting dengan melakukan test ping ke gateway. Hasilnya, koneksinya tidak jalan meskipun secara fisik tidak ada masalah (dilihat dari icon network yang jalan) hanya saja tidak terjadi pertukaran data.

Saya cukup bingung, terus terang aja gak tahu masalahnya dimana. Seperti biasanya saya tidak ambil pusing dan mencoba mencari letak permasalahannya, yang saya pikirkan adalah bagaimana solusinya agar masalah ini segera selesai. untung saja ada dua interface pada server itu dimana yang satu lagi tidak dipakai, jadi solusi yang saya lakukan adalah memindahkan koneksi ke interface yang satunya lagi kemudian interface yang bermasalah saya disable. Saya juga mematikan service routing yang sebelumnya saya coba install untuk percobaan saya ketika akan memberikan pelatihan windows server mengenai routing dan switching (ini adalah tersangka utama yang menyebabkan masalah ini) dan kemudian saya restart... dan tadaaaa... server saya pun kembali jalan seperti semula.

No comments: